SEKILAS INFO
: - Tuesday, 20-11-2018
  • 2 bulan yang lalu / Hadirilah maulid Agung Majlis Nurul Musthofa “Kelahiran Penyelamat Yang Dijanjikan” Senin Tanggal 19 November 2018 Pukul 20.00 wib Bertempat Lap.Silang Monas Jl. Merdeka Selatan Jakarta Pusat
  • 5 bulan yang lalu / Majlis Malam Selasa  Nurul Musthofa Masjid Jami At Taubah  Jl. Rawajati Timur II Kalibata  Jakarta Selatan, Senin Tgl. 22 Oktober 2018 Pukul 20.00 WIB Acara Ini Akan Disiarkan Langsung Oleh Siaran Nurul Musthofa Via Youtube Nurul Musthofa
  • 5 bulan yang lalu / Ikuti  Umroh Bersama Al Habib Hasan Bin Ja’far Assegaf dan Habib Abdullah Bin Ja’far Assegaf Pada Tgl. 15 Desember 2018 Hanya dengan Biaya 20 Juta dan DP 3 Juta Hubungi segera (021) 7865854 ,08111103712 , 08136395560 ,  081291888327
Pembahasan kitab Aqidatul Awam

 

Sang Pengarang Nadzhom As-Sayyid Ahmad Al Marzuqy rohimahulloh berkata:

(ابداًباسم الله ورحمن * وبالرحيم داًئم الاٍ حسان)

“Saya memulai dengan nama Allah, Dzat yang maha pengasih, dan Maha Penyayang yang senatiasa selalu memberikan kesenangan tiada putusnya”.

KOSAKATA:

Arti الله adalah nama Dzat yang wajib ada, lagi-lagi wajib disembah, lagi-lagi berhak mendapatkan macam kesempurnaan.

Arti الرحمن adalah Dzat pemberi nikmat dengan seagung-agungnya nikmat (global), makanan pokok seperti islam, iman, kesehatan, rizqi, pendengaran, dsb.

Arti الرحيم adalah Dzat Pemberian nikmat-nikmat yang bentuknya lembut (terperinci) seperti bertambahnya keimanan, kesempurnaan nikmat, pendengaran, penglihatan dsb.

Arti داًئم الاٍ حسان adalah yang senantiasa selalu memberikan kenikmatan yang tiada putusnya.

PENJELASAN BAIT
Saya memulai mengarang mandhumah “Aqidatul Awam” ini dengan Basmalah seraya meminta pertolongan pada Allah azza Wajalla yang luas Rahmatnya pada segala sesuatu, pemberian dan kenikmatanNya yang berlangsung tanpa ada putus dan bergeser.
Pertama : karena mengikuti Al Qur’an yang Agung, ketika diturunkan pertama kali oleh Allah SWT kepada Rasulullah SAW melalui malaikat jibril dengan dimulai lafadz:

(اقْرَأْ بِاسْمِ رَبِّكَ الَّذِي خَلَقَ)

Bacalah dengan BISMILLAH (MENYEBUT) NAMA TUHANMU yang menciptakan,
[Surat Al-‘Alaq 1]
Kedua : karena mengamalkan hadits Rosululloh SAW,

كُلُّ كَلَامٍ أَوْ أَمْرٍ ذِي بَالٍ لَا يُفْتَحُ بِذِكْرِ اللهِ فَهُوَ أَقْطَعُ

“setiap perkara yang mempunyai kepentingan yang tidak diawali di dalamnya dengan Basmalah maka ia terputus”

(Maksudnya kurang dan sedikit kebaikan dan barokahnya.)
Dalam kehidupan umat muslim sehari-hari pasti tidak akan pernah jauh dari ucapan “Bissmillahirrohmanirrahim”, namun sebelum itu kita harus mengetahui tentang hukum membaca Bissmillah. Berikut ini ada 5 hukum membaca Bismillah…
1. Wajib
Membaca Bissmillah wajib hukumnya pada saat membaca surat Al-Fatihah, karena Bissmillah sudah merupakan ayat pertama dalam surat Al-Fatihah, Menurut fiqh mazhab syafi’i
2. Sunnah
Membaca Bissmillah sunnah hukumnya jika kita mengucapkannya pada saat mengerjakkan hal-hal yang diperhatikan oleh Rasul. Contoh : Makan, minum, belajar, dll.
3. Makruh
Membaca Bissmillah makruh hukumnya jika kita mengucapkannya pada saat kita beraktivitas dengan perbuatan yang makruh seperti contohnya : Mencabut uban, dan kegiatan yang sejenisnya.
4. Mubah
Membaca Bissmillah mubah hukumnya jika kita mengucapkannya pada saat mengerjakan perkara hal-hal yang biasa dan tidak terlalu diperhatikan dalam agama Contoh : Pada saat memindahkan benda dari satu tempat ketempat asalnya setelah digunakan.
5. Haram
Membaca Bissmillah haram hukumnya ketika kita mengucapkannya pada saat ingin mengerjakan hal-hal yang dilarang oleh Allah. Contoh : Main Judi, Minum-minuman keras, dll.
Di ceritakan dalam kitab nawadzir karangan ahmad syihabuddin bin salamah al-qulyubi
bahwasannya dulu terdapat seorang wanita yang selalu membaca basmalah di dalam setiap amal dan kegiatannya, namun ia memiliki suami yang fasiq dan durhaka yang sangat terganggu dengan apa yang ia lakuakan, karena sedikit-dikit selalu membaca basmalah.

Hingga akhirnya timbulah rencana buruk sang suami yang bertujuan untuk memalukannya yaitu dengan cara, si suaminya memberikan ia dompet dan menyuruhnya untuk menjaga, akhinya ia menaruh dompet tersebut ke dalam almari sambil membaca basmallah, kemudian menutupnya dan menguncinya juga sambil membaca basmalah, namun ketika ia pergi, tiba-tiba suaminya membuka almari itu dan mengambil dompet tersebut dan membuangnya ke sumur, tujuan suaminya yang sebenarnya adalah agar bisa memarahinya dan mencela prilakunya yang sering membaca basmalah.
Ketika berbicara, mereka mengatakan bahwa “di mana dompetnya” ia pun langsung menuju almari dan sebelum ia melakukan basmalah dan langsung memberikan barang-barang yang ada di dalam almari sebelumnya kepada isi, kebebasan yang telah membuangnya terkaget dan kemudian bertaubat terhadap tindakannya dan percaya. sebelum keistimewaan basmalah.
di katakan bahwa kompilasi si wanita tersebut membuka almari, seketika itu Allah mengizinkan malaikat untuk mengambil uang yang ada di dalam sumur dengan cepat dan melatakkannya kembali ke tempat semula.

TINGGALKAN KOMENTAR

Alamat Kami

Nurul Musthofa Ind

NPSN : (021) 7865854

Jl. RM Kahfi I Gg.Manggis Rt.001 Rw.001 No.9A Kel.Ciganjur
KEC. Jagakarsa
KAB. Jakarta Selatan
PROV. DKI Jakarta
KODE POS 12630
TELEPON 08111900677
FAX (021) 7865854
EMAIL yayasan.nurulmusthofa@gmail.com

Google Maps Majlis

Ikuti Sosial Kami